jump to navigation

Meningkatkan SDM hamba Tuhan Juli 26, 2007

Posted by onkp in Pelayanan.
trackback
Yahowu !
Membaca Visi & Misi ONKP di atas, “Terwujudnya kualitas iman dan kesejahteraan warga jemaat melalui tri panggilan gereja” sangat baik. Sebuah Visi yang jelas, terukur dan mendasar. Sekedar masukan saja. Tentunya untuk mencapai itu perlu ‘kendaraan’ yaitu sebuah langkah-langkah konkrit, sistematis dan konseptual. Salah satunya menurut pemahaman saya ialah dengan meningkatkan SDM para hamba Tuhan (Pendeta ONKP). Saya membaca di kolom BPH, Pendeta ONKP belum ada satupun yang strata dua. Tentunya hal ini baik kalau diprogram oleh ONKP, untuk mengutus para hamba Tuhan yang loyal dan potensi untuk study lanjut. Sehingga mutu pelayanan dan mewujudkan kualitas iman yang di maksud pada visi di atas bukan hanya di atas kertas.

Jika berkenan, ada diklat rutin bagi Pendeta & Sinenge. Misalnya sekali enam bulan di adakan semacam ‘penataran’ atau apapun namanya untuk mengkomunikasikan Visi & Misi di atas. Hal ini dapat diwujudkan dengan bekerjasama dengan lembaga-lembaga gerejawi, yayasan-yayasan kristiani, LSM yang basisnya orang Nias di Medan/Jakarta. Sehingga Materi-materi yang di butuhkan, untuk memperlengkapi Pendeta & Sinenge di bicarakan sehingga tepat guna. Misalnya :
1. Leadership
2. Goal Setting
3. Management Gereja
4. Pertumbuhan Gereja
5. Keesaan Gereja
6. Praise & Worship
7. Karakter Building
8. dll.

Dengan demikian pelayanan BPH dan Hamba-hamba Tuhan menjadi maksimal, jemaat pun di penuhi kebutuhan rohaninya.

Handege da’ö zi tola ufa’ema. Naso zi lö enahöi si’oföna, u’andö wa’ebolo dödö nda Ama/Ina.

Pdt. Haeli !

Komentar»

1. jumadi sihura - Agustus 1, 2007

tu memang bagus n saya pribadi mendukung sepenuhnya. tp,jgn sampai setelah diadakannya program ini,SDM para Hamba TUHAN bukannya makin bagus.

2. Pdt. Haeli Hia - Agustus 1, 2007

Yahowu !

Dukungan pak jumadi sangat membesarkan hati kita semua. Sebab tanpa dukungan semua pihak maka Visi & misi ONKP ini, sampai sidang raya berikutnya tinggal kenangan saja.

Bentuk dukungan selain pernyataan, bisa juga dengan menjadi memfasilitasi sinode ONKP dengan sekolah teologi yang ada di Indonesia. Untuk diberi kemudahan hamba-hamba Tuhan kita, dapat studi lanjut di STT tersebut. Jika ada kemauan dari ONKP, saya sendiri dapat mencari infornmasinya.

Handege da’ö zi tola ufa’ema. Naso zi lö enahöi si’oföna, u’andö wa’ebolo dödö nda Ama/Ina.

Pdt. Haeli !

3. AJP. - Agustus 2, 2007

Saya sangat setuju dan mendukung jika ada suatu pelatihan dan seminar atau KKR buat para pelayan Tuhan di ONKP, biar pelayanan sesuai visi misi berjalan pada rel-nya. Juga mengingat pulau Nias adalah pulau kasih yang semakin lama menjadi target Iblis untuk memecah belah umat kristiani di sana, dan disitulah si iblis masuk mengambil kesempatan sekaligus peluang untuk umat kedar yang mengambil hati umat krsitiani agar pindah keyakinan melalui program-program kemanusiaan dan bantuan. Janganlah kita terlena akan hal ini karena saya banyak mendengar kabar-kabar yang seharusnya tidak perlu dibiarkan terjadi oleh para pelayan Tuhan baik di ONKP/BNKP/AMIN/KATOLIK/GBI/KHARISMATIK. Salah satu kasus yang menyengat hati dimana sekarang sudah mulai ada yang berani bakar gereja di gunungsitoli baru-baru ini, apapun latarbelakang terbakarnya gereja AFY ini ini suatu peringatan kepada kita agar lebih waspada karena banyak kasus lain yang mulai muncul.
Kalau bisa ide yang sangat brilian ini janganlah hanya slogan saja atau tapi perlu diwujudkan. Mohon kepada redaksi untuk melanjutkan Ide ini kepada pimpinan ONKP maupun BNKP agar direalisasikan.

JBU All,

4. Pdt. Haeli Hia - Agustus 2, 2007

Yahowu !
Pak AJP sangat senang membaca masukan Bapak. Sungguh dengan semakin baik SDM para hamba Tuhan maka pemahaman jemaat juga dengan sendirinya menjadi baik.

Ambil contoh, tentang “pandangan umum umat kristiani tentang politik”. Umumnya melihat politik khususnya politik praktis itu buruk/kotor. Sehingga tat kala seorang pendeta masuk ranah politik maka nilainya sebagai rohaniawan, langsung merosot. Mengapa hal ini terjadi ? Jangan buru-buru salahkan umat, sebab pemahaman mereka tentang hal itu, ya seperti itu. Sekarang timbul pertanyaan, Mengapa ??? Karena hamba Tuhan tidak pernah memberikan pemahaman yang benar tentang, politik dipandang dari sudut Alkitab. Pertanyaan lanjutan, mengapa pendeta tidak memberikan pemahaman yang memuaskan jemaat tentang politik ? Karena Pendetanya SDM nya terbatas. Oleh karena itu, perlu peningkatan SDM melalui pendidikan/penataran/seminar kepada Pendeta dan Sinenge dan SNK-SNK.

Sekarang PGI menyadari itu, maka angakatan I dari Sekolah Politik untuk ketua-ketua sinode yang tergabung di PGI, telah dilaksanakan. sebab, Setuju-tidak setuju/mau-tidak mau/terima-tidak terima, hampir semua yang melibatkan hajat hidup orang banyak di NKRI ini, adalah diambil melalui keputusan politik.

Itu hanya salah satu contoh konkrit betapa pentingnya SDM hamba Tuhan di tingkatkan, karena output mereka adalah input jemaat.

Handege da’ö zi tola ufa’ema. Naso zi lö enahöi si’oföna, u’andö wa’ebolo dödö nda Ama/Ina.

Pdt. Haeli !

5. Warni Daeli - Agustus 2, 2007

ini hanya usul saja. mungkin menolong bila ONKP bekerjasama dengan STT, diaadakannya seminar kepada SNK, dan kerjasama dengan missionaris dari luar negri.

6. Filipus - Januari 15, 2008

Syallom,
Sungguh suatu usul yang sangat bagus apabila para Hamba Tuhan dapat ditingkatkatkan kualitasnya, karena pada saat ini kebutuhan jemaat juga semakin beragam.
Apabila Tuhan menghendaki, saya siap membantu untuk meningkatkan kualitas SDM para hamba Tuhan, khususnya dalam hal managerial, leadership, teamwork, motivational,etc. Pada saat ini kami telah beberapa kali mengadakan untuk hamba Tuhan maupun bank swasta.

Tuhan memberkati
Filipus Deny
Trainer, motivator & Konselor
0888-3370381
filipusdeni@yahoo.com

7. Restu Zebua - September 1, 2008

Yaahowo. marilah kita meningkatkan iman serta kebangunan rohani di pulau Nias… agar orang Nias dapat lebih sungguh-sungguh lagi percaya didalam Tuhan. Amin


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: