jump to navigation

Sejarah

Gereja ONKP bertumbuh dari pekerjaan utusan Injil E.L. Denninger dari lembaga penginjilan Rheinische Missions-Gesselschaft (RMG) di Barmen, Jerman. Denninger mendarat di Gunung Sitoli pada 27 September 1865.

Pada hari raya Paskah 1874, pertama kali dilayankan sakramen baptisan kepada 25 orang warga suku Nias. Salah seorang tokoh Nias yang berperanan besar dalam usaha pemberitaan Injil ialah kepala kampung, Ama Mandranga. Upaya supaya jemaat-jemaat Nias menjadi swadaya telah dimulai agak dini. Sarana yang hendak disebut terakhir ialah penerjemahan Alkitab dan buku-buku lain ke dalam bahasa Nias (Utara) oleh pekabar Injil H. Sundermann, dengan bantuan Ama Mandranga dan beberapa orang Nias lannya. Injil Lukas selesai diterjemahkan ke dalam bahasa Nias pada 1874, dan seluruh Perjanjian Baru diselesaikan pada 1891.

Sementara itu, di kalangan masyarakat Nias sendiri terjadi penyembuhan melalui doa, mimpi-mimpi, keadaan ekstatis. Lahirlah juga sejumlah besar lagu gereja yang baru. Orang melakukan doa syafaat yang satu untuk yang lain. Kuasa adat berkurang. Anggota jemaat bergairah mengabarkan Injil kepada yang belum menerimanya.

Pada 16 April 1952 terbentuklah Gereja baru dengan nama Orahua Niha Keriso Protestan (ONKP). BPH pertama :

Kini ONKP hadir pula di beberapa kota di Indonesia, di luar Pulau Nias.

Sumber :

Komentar»

1. Delon - Juni 25, 2007

Saya senang dengan adanya milisi ONKP di Internet, yang menjadi pertanyaan saya sekarang ialah Apakah ONKP asal-usulnya dari BNKP? Terimakasih Tuhan memberkati.-

Delon

Andika - Agustus 24, 2011

Pertanyaan yang bagus. Dari uraian sejarah diatas, sangat disayangkan, sepertinya ONKP tidak jujur menyatakan jatidirinya. ONKP merupakan pecahan dari BNKP. Gereja BNKP-lah cikal bakal hasil pelayanan Misi utusan Injil Deninger, bukan ONKP. Untuk perkara-perkara rohani seharusnya orang menyatakan kebenaran dengan jujur. Semoga penulis sejarah di web ONKP dapat merevisinya. Saohagolo

2. Paulus Maruhawa - Juni 25, 2007

Memang benar warga ONKP sebelum berasal dari Jemaat BNKP, Demikian juga bapak-bapak Pendeta pendirinya adalah sebelumnya berasal dari Pendeta BNKP yaitu Pendeta Marunduri, Pdt Gulo dan Pendeta Daeli.

Utk menyederhanakan rentang birokrasi dalam pelayanan umat maka ketiga Bapak Pendeta tersebut memutuskan memisahkan diri. Sehingga kalau ada kebijaksanaan yg diambil tidak mesti menunggu dari BPH BNKP di Gunung Sitoli.

Kira-kira seperti secara sederhana asal mulanya berdiri ONKP. Lain kali kita diskusikan lagi. Terima kasih

3. Haeli - Juni 28, 2007

Yahowu !
Senang sekali mengunjungi blog onkp ini.
Sekedar usul, khususnya tentang sejarahnya ; hendaknya di buat sesuai dengan faktanya sehingga tidak ada kesalahan. Jika perlu minta BPH ONKP yang menulisnya, karena mereka yang lebih berkompeten. Soal penulisan sejarah ini, perlu kehati-hatian dan ketelitian serta kejujuran.
Tentunya masih ada satu atau dua orang saksi sejarah berdirinya ONKP yang masih hidup hingga saat ini, mereka bisa menjadi narasumbernya. Atau ada dokumen-dokumen penting lainnya yang mencatat tentang sejarah ONKP.
Tuhan Yesus Memberkati.
Saohagölö !

4. AJP - Juli 2, 2007

Saya setuju dengan Bapak Pdt.Haeli HIa,STh,MA

Harus ada yang menjadi nara sumber akan sejarah biar komplit dan jelas latar belakang dan hubungan sebab akibat dalam sejarah berdirinya ONKP.
Setahu saya(maaf akalau salah) ada lima orang Pendiri ONKP yaitu :
1.Pdt.Ama Haogo Hia (terakhir pdt GTDI yang terkenal itu)
2.Pdt.Ama Ramisa Daeli (Mantan Ephorus)
3.Pdt. Ama Dulo Gulo
4.Pdt.Ama Dasima Marunduri (Presiden ONKP)
5.Pdt…???? saya tidak tahu namanya

JBU all,
AJP

5. Epherson HIA - Juli 5, 2007

Ya’ahowu Fefu ndra Talifusögu !

Saya sependapat dengan beberapa saudara-saudara terkasih yang sudah memberikan komentar tentang Sejarah berdirinya Gereja ONKP (Orahua Niha Keriso Protestan) untuk itu saya sangat mengharapkan kepada seluruh tim redaksi meminta pendapat kepada BPH atau kepada orang-orang yang lebih mengerti persis mengenai sejarah berdirinya ONKP untuk dimuat di web ini.

Saya tidak mengkhawatirkan pengetahuan beberapa saudara-suadara yang memberikan atau menulis tentang informasi awal ONKP, tapi alangkah lebih mulianya web ini kalau semua info yang kita berikan adalah yang benar-benar sudah terjadi.

Tetapi tidak hanya mengenai Sejarah ONKP aja yang diminta pendapat orang Tua dulu, alangkah lebih baiknya kalau beberapa topik tersebut ditulis oleh BPH atau orang-orang yang lebih mengerti, baru kita-kita memberikan beberapa tanggapan yang membangun Iman Kekristenan.

Bila pendapat saya ini tidak berkenan, saya mohon maaf sebesar-besarnya, semoga web ini berguna sesuai dengan fungsinya, terima kasih Tuhan Yesus Memberkati.

Salam Damai,

Epherson HIA(A.GRACE N)

6. Redaksi ONKP - Juli 9, 2007

Syalom

Terima kasih atas saran-sarannya. Hal ini sangat berharga sebagai bahan pertimbangan.
Silahkan teruskan memberi masukan.

Tuhan Yesus memberkati

7. Pdt. Haeli Hia - Juli 11, 2007

Yahowu !

Sebagai tambahan masukan buat redaksi !

“… 5. Me lö labato wolohi buala geheha andrö BNKP, ba ya’aga Pendeta si taro ba Nias Barat, da’e ndra’aga : Pdt. Dalihuku Marunduri zi tobali Presiden; Pdt. Dalimanö Hia Sekretaris; Satua Niha Keriso Huno Hia Bendahara; Komisaris Pdt. Fangaro Gulö; Penasehat Pdt. Fosasi Daeli, mafasindo golongan ONKP me 16-4-1952” [dikutip dari Buku : ‘KESEMPURNAAN’ Tafsiran Matius 5:48 Bahasa Daerah Nias susunan II tahun 1981 oleh Pdt. D. Hia.]
Kiranya bermanfaat, Saohagölö!

8. onkp - Juli 11, 2007

Syalom

Terima kasih Bpk. Pdt. Haeli Hia, STh, MA yang telah memberi masukan berharga tentang sejarah ONKP kepada redaksi. Memang inilah yang diharapkan redaksi di Menu ‘Kontak’ menyertakan sumber akurat. Sekali lagi terima kasih banyak dan selamat melayani Tuhan Yesus.

Tuhan Yesus memberkati

9. Abslgl - Juli 12, 2007

Sebagai masukan saya samapaikan para Ephorus/Plt/Pjs ONKP sejak berdiri sampai sekarang :

1.Pdt Kart Dalihuku Marundruri
2.Pdt.Fosasi Daeli
3.Plt.SNK Faigizidyhu Gulo (Ama Elisabeth) (1982)
4.Pdt.Fangaro Gulo (1982-1992)
5.Pdt.Yosefo Gulo, SmTh (1992-1997)
6.Plt.Pdt.Eliakim Waruwu, STh (1998)
7.Pjs.Pdt. Kasihan Hia (1999)
8.Pdt. Bagolo Hia, SmTh (2000 – 2007)
9.Pdt.Eliakim Waruwu, STh,SIp (2007-2012)

10. onkp - Juli 12, 2007

Syalom

Redaksi onkp.wordpress.com (OWC) mengucapkan terima kasih kepada Bpk. Abslgl yang telah memberikan berbagai informasi melalui situs OWC ini. Sekali lagi terima kasih banyak dan selamat melayani.

Tuhan Yesus memberkati.

11. niasisland - Agustus 2, 2007

Yaahowu

Wah luar biasa atas penjelasan Sejarahnya sangat memuaskan.
Terima kasih juga buat Redaksi situs ini atas penjelasannya. Sungguh kami salut kepada para Sukarelawan ONKP yang telah menyediakan informasi berharga tentang ONKP sebab tanpa situs ini kami tidak pernah tau tentang ONKP.
Teruslah melayani karena pelayanan Saudara buahnya kekal.

12. Sofieani Tel - Agustus 2, 2007

Yahowu fefu

Maandrö saohagölö khö Team Redaksi meno so atö zitobali nahiada ba internet. Oya u’alu-alui ONKP andre ba dunia cyber daa balö tesöndra info yang jelas sebelum adanya situs ini.

Andrö syukur manö wa so situs daa sangat membantu sekali. Pokoknya sip deh.

Sofieani Tel

13. Sonifati Waruwu - Agustus 11, 2007

Pujian bagi Sang Raja

14. Ama Gambi moroi ba Nitawisole - Agustus 15, 2007

Hidup Pak Martinus Zai..!!!! Haleluya

15. lince - Oktober 19, 2007

Syaloommmmm……….
bahagia rasanya ONKP punya situs tersendiri sekarang.saya mahasiswa di kota medan, dan jemaat gereja ONKP juga. namun sangat disayangkan perpecahan digereja onkp tepatnya di Mandala membuat saya tidak beribadah di ONKP lagi. saya lebih suka digereja lain. perpecahan,intrik dalam gereja membuat saya berpikir apakah itu sikap dari pelayan Tuhan.memberikan contoh yang tidak baik kepada masyarakat dan jemaat.
Ini bukan sekedar isapan jempol belaka……….
perpecahan gereja membuat banyak pemuda2 ONKP menghindar dari kegiatan2 kepemudaan….
mengapa kita lebih mengutamakn kepentingan pribadi???
tunjukkan bahwa ONKP bisa lebih maju dalam pelayanan bukan maju dalam pertengkaran…..
syaloooooooooooooooo

16. Chalys H - November 6, 2007

Trimakasih Lince keluhannya. Tetapi saya sarankan jangan meninggalkan Tuhan hanya karena permasalahan yang biasa.
Jika saudara merindukan ONKP bersatu, mempunyai Visi yang sama, maka kita sebagai bagian dari ONKP harus berjuang untuk mempertahankan persatuan, apalagi kita sebagai generasi penerus ONKP, alias masih muda. Dengan demikian hal yang perlu kita lakukan adalah terus berdoa untuk pemimpi kita (untuk nda amada Fandita atau majelis) supaya mereka dapat menjadi contoh bagi kita.
Saya Mahasiswa di Jakarta.

17. Pdp. IPDA POL EDISON HULU PADANG SUMATERA BARAT - Februari 24, 2009

Bersyukur ada situs untuk kita mengenal berdirinya organisasi gereja yang ada di Nias yaitu ONKP, namun sebagaimana yang diuraikan di
atas ada beberapa tokoh pendiri organisai gereja tsb.coba diselusuri
lagi sehingga sejarah ONKP tidak kabur, sebagaimana yang kami dptkan informasi salah satu Pendeta yang keluar bersama sama dgn tokoh pendiri ONKP yaitu Pdt. Losabolo Hulu ( Ama Nuruati Hulu) wak
tu itu Pendeta BNKP di Lasara sebua lahomi, dan bergabung dgn Pdt.
DALIHUKU MARUNDRURI ( AMA DASIMA MARUNDRURI) ini b aru awal namun jangan kita lupa dan kabur sejarah gereja ONKP yang kita cintai
ini. Trims dari Pdp.IPDA POL EDISON HULU Padang Sumbar.

18. Betieli Gulo - April 6, 2009

Ya’ahowu !! DAri Betieli Gulö

Salam dalam Nama Tuhan kita Yesus Kristus!

Inilah tanda bahwa ONKP telah memanfaatkan kerkembangan thenologi yg sedang maju!!

saran saya, supaya sejarah berdirinya ONKP ini dapat dijelaskan secara mendetail hingga sampai pada pendiri awalnya dan alasan kenapa bisa berpisah dengan BNKP

Petanyaan; apakah BNKP dan ONKP memiliki persaman dan perbedaan?

demikian.. Tuhan Yesus Memberkati

19. Filsafat Hia - Juni 5, 2009

Buat saudara yang seiman dalam kasih Tuhan Kita Yesus Kristus, kita tetap sama, yang berbeda hanya soal manajemennya saja. Mari kita tetap menyatukan visi dan misi kita untuk pelayanan yang dapat meningkatkan hubungan kita terhadap Tuhan kita Yesus Kristus dan hubungan kita dengan sesama…amin.

Saran buat Pimpinan ONKP untuk lebih meningkatkan pelayanannya dalam jemaat, misalnya dalam bidang education. Mari kita mencontoh manajemen BNKP yang sudah banyak mendidik anak Bangsa khususnya masyarakat Nias. Untuk menjadikan sesuatu yang kuat mari kita manggali dan memberikan fondasi yang lebih dalam, agar bangunan yang kita bangun kokoh, kuat dan maju…sehingga ONKP kedepan meningkat kualitasnya…..apakah ada niat para Bapak Pimpinan ONKP meningkatkan pelayananannya? ..harapan saya….sudah mulai dipikirkan hal ini.

Tetapi apapun pelayanan di ONKP kalau tidak ada kerjasama yang baik akan sia-sia. Mari kita menyatukan hati kita untuk membangun ONKP yang kita cintai ini. tetap semangat Tuhan Yesus memberkati…

Dari

Filsafat Hia, SH
Wakil sekretaris Komisi Pelayanan Hukum
Tingkat Pusat ONKP

Yasman Gulo, S.S/A. Nervy Gulo - Maret 9, 2010

Betul itu saudara, jabatan adalah amanah yang harus kita konsolidasikan dari atas ke bawah. Artinya para imam/penatua2 gereja harus menampung aspirasi dari bawah/memandang ke bawah dan bukan sebaliknya. Jangan memandang yang lebih muda tidak mempunyai potensi. Dalam melakukan pelayanan tidak perlu memandang yang lain dengan sebelah mata. Sukses buat saudara Filsafat Hia, S.H

20. Yasman Gulo, S.S/A. Nervy Gulo - Maret 9, 2010

Tugas di mana sekarang bung? Saya kangen sekali melihat senyummu. Kita terakhir jumpa waktu kamu masih di UNUIKA dan tinggal di Tanjung Anom, Medan. Syalom.

21. BERKAT K. DAELI, S.Th., S.Pd.K - April 20, 2012

CONGRATULATION FOR onkp.wordpress.com……

22. Y. Gulo - Mei 7, 2012

Saran saya, mari kita sama-sama berdoa agar kita semakin bersatu dalam melayani pekerjaan Tuhan, amin.

23. Iman K. Gulo - September 1, 2012

Maju lah…

Sefanias Waruwu - September 4, 2012

Majulah ONKP…
Tetap semangat melayani TUHAN.

By Sefanias Waruwu, Denpasar-BALI.
Imanuel.

24. Sefanias Waruwu - September 4, 2012

Selamat dan Sukses…
Kepada BPH ONKP yang terpilih Periode 2012-2017.
Semoga ONKP tetap bersatu dan selalu bersama dalam memberitakan Injil Kebenaran Allah kepada semua umat pilihan-Nya,
Itu yang jauh lebih penting dan berharga daripada “memperdebatkan” asal usul sesuatu hal yang bersifat duniawi.
“Carilah perkara yang di atas (Kolose 3:1-4)”

Selamat melayani; TUHAN YESUS memberkati.
Yaahowu

By Ikatan Keluarga Nias di Bali (IKNB)

25. iman christian hia, jkt - September 30, 2012

Selamat melayani di baWah naungan ONKP, maju trus pantang mundur.
pelayanan tidak di batasi oleh waktu,
pelayanan tidak di batasi oleh lembaga.dll
intinya tujuannya sama, memuji YESUS.
Percaya, Imani, dan lakukan Firman TUHAN.
yAITOLO ITA SOAYA,,,,,yaduhu

26. herlyn hura - Oktober 2, 2012

sebenarnya saya ngk percaya,dari mana berasalnya gereja oNKp,kenapa karena asal-usulnya tidak ada dan belum dubukukan dalam sebuah sejarah orang Nias….ok kita jangan banyak komntar? ada pertanyaan dari saya” apakah buku Alkitab bahasa Nias sudah benar seratus persen,klo tidak boleh bergabung dengan saya….maranatha,,,GBU??????

karinus gulo - Oktober 4, 2012

shalom saudari herlyn, trimakasih pernyataannya dan pertanyaannya, saya mau tanya kembali apakah anda punya Alkitab bahasa Nias? kalau ada, bagaimana menurut anda, ada yang kurang atau bagaimana! saya meyakini bahwa Alkitab tidak ada yang salah. kiranya Tuhan memberikan Roh Kudus bagi saudara dan kepada semua orang yang percaya kepada Kristus Tuhan kita Haleluya!!!!!

27. Nibenia Hia - April 26, 2013

shalom redaksi ONKP.wordpress.com!!!
saya mahasiswa STT Apollos jakarta dan sekarang membantu pelayanan di gereja ONKP Jakarta.

trimaksih kepada bpk/ibu yang bergabung di wordpress.com. telah memberikan pengetahuan bagi kami kaum pemuda/i tentang sejarah berdirinya ONKP. Ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai generasi muda untuk melaksanakan Amanat Agung Tuhan Yesus dimanapun kami berada. doa dan harapan saya, ONKP dapat bersatu, Maju dan bertumbuh baik secara kualitas (Iman didalam Kristus Yesus) maupun secara kuantitas (banyak jiwa yang dimenangka). I like ONKP. Gbu too

28. Visi Online Bookstore - September 10, 2014

Thx untuk artikelnya. Sangat bagus!

Jika Anda membutuhkan buku-buku rohani dan gift rohani untuk kebutuhan gereja Anda, silahkan dapat membelinya di

http://visi-bookstore.com/

VISI Book Store adalah toko buku rohani online TERPERCAYA di Indonesia.

Toko kami ada di Bandung, Surabaya dan Malang.

Silahkan masuk ke web untuk melihat kebutuhan-kebutuhan rohani Anda. Jika ingin membeli silahkan add to cart dan ikuti prosesnya.

Barang dijamin sampai di tempat Anda, kami kirim melalui TIKI.

29. Yakub Kopa Rihi - Agustus 30, 2015

Syalom, senang bisa membaca artikel ini.
saya bukanlah org Nias, tapi saya bersekolah di Sekolah Tinggi Teologi Johanes Calvin Bali dan saya mendapat tugas untuk mencari tentang sejarah gereja ONKP. saya membaca begitu banyak artikel dan buku sejarah tentang sejarah berdirinya ONKP dan ada dua pendapat yang saya dapatkan. yang pertama, dikatakan bahwa ONKP adalah pecahan dari gereja BNKP yang merupakan gereja sulung sebagai hasil pekabaran Injil RMG. sedangkan ada lagi pernyataan lain yang menyatakan bahwa ONKP hanya memisahkan diri saja dan bukan merupakan akibat perpecahan dalam gereja BNKP. saya mohon pendapat dari saudara-saudari sekalian tentang hal ini yang benar-benar tahu tentang sejarahnya.
terima kasih.
Tuhan Yesus Memberkati dan Soli Deo Gloria.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: